Recent Posts

Rabu, 26 Desember 2012

DUNIA KERJA, HANYA UNTUK YANG GOOD LOOKING

good looking
sumber gambar : alchossambby.wordpress.com

Tulisan ini bukanlah sebuah analisa tapi lebih kepada curhatan seorang pencari kerja yang sedikit frustasi dengan keadaannya sekarang.

Hampir dua bulan yang lalu saya telah menyelesaikan kuliah saya di salah satu perguruan tinggi kedinasan di kota Bandung, dan sampai detik ini saya belum punya pekerjaan, baik yang tetap ataupun tidak tetap. Bukannya tanpa usaha, tapi apa mau dikata sampai saat ini Tuhan belum membuka jalan bagi saya.

Selama menjalani "profesi" sebagai job hunter inilah saya sedikit merasakan ketidakadilan dunia kerja kepada saya, dan mungkin juga orang-orang lain di luar sana. Beberapa tawaran pekerjaan yang ada baik itu melalui media cetak ataupun elektronik, selalu dan selalu saja memberikan persyaratan yang sangat sulit untuk saya penuhi, apalagi kalau bukan soal "good looking".

Good Looking yang kata adik saya berarti berpenampilan menarik sepertinya dijadikan sebagai syarat mutlak oleh beberapa perusahaan yang membuka tawaran pekerjaan, entah apa alasannya. Karena sejauh ini jarang sekali saya dapatkan tawaran pekerjaan yang tidak memberikan pra-syarat ini.

Meskipun rangkaian kata good looking atau berpenampilan menarik ini masih cukup abstrak maksudnya dan bisa saja diperdebatkan, tapi sebagai orang yang menjunjung tinggi asas tahu diri, rasanya apa yang diinginkan oleh perusahaan itu sudah sama dimengerti oleh semua orang. Hanya saja akan menjadi tidak etis jika perusahaan-perusahaan ini kemudian menuliskan : gagah atau cantik. 

Hal ini dilakukan demi menjaga perasaan orang-orang seperti saya yang tidak masuk ke dalam kriteria yang dicari. Bagaimanapun asas menghormati dan menjaga perasaan orang lain perlu untuk dikedepankan. Meskipun pada akhirnya orang-orang yang dimaksud tetap saja merasa sedikit sakit, seperti saya.

Good Looking seakan menjadi momok tersendiri bagi saya setiap membuka tawaran-tawaran pekerjaan yang jumlahnya sebenarnya lumayan cukup banyak, tetapi setelah disaring berdasarkan jurusan yang dibutuhkan, pengalaman kerja dan tentu saja faktor good looking ini, jumlahnya akan berkurang drastis.

“dunia kerja memang sangat kejam pada orang yang tidak good looking macam saya”

Kata-kata ini seringkali berputar-putar di kepala saya jika sedang meratapi nasib saya saat ini. Kenapa Tuhan menciptakan saya dengan tampilan yang tidak seperti orang lain, memiliki kulit putih, wajah oval, atau sederet bentuk-bentuk fisik lain yang tentu saja punya nilai plus lebih dibanding dengan tampilan saya saat ini, #kasihan !

Untung saja sampai saat ini, saya masih punya pemikiran yang cukup waras sehingga belum pernah terpikir dalam benak saya untuk mengalih-fungsikan tali jemuran yang ada di belakang rumah menjadi tali untuk (…) ? dan semoga hal ini tidak akan pernah terjadi. Amin !

Ya Sudahlah, mungkin kedepannya saya bisa mendapatkan pekerjaan yang bisa menerima orang apa adanya dalam hal penampilan, atau kalau bisa tetap yang good tapi bukan lagi good looking akan tetapi good laughing.

Terakhir, mungkin tulisan ini hanya pandangan subjektif dari saya saja, tapi percayalah jika anda memiliki penampilan yang kurang menarik -untuk tidak mengatakan jelek- seperti saya, anda pasti akan bisa berempati terhadap diskriminasi tidak langsung yang saya alami ini.

Salam Hangat Putra Sawerigading

9 Komentar:

Erny Binsa mengatakan...

Semangat bang, ganteng itu relatif kok kalo jelek baru mutlak #Eh

Tapi sebenernya yang penting itukan skillnya, kemampuannya untuk bekerja. orang cakep gak bisa kerja mau ngapain coba?

Bikin usaha sendiri aja bang, jadi bosnya trus biar orang lain yang ngelamar kerja... :D

auraman mengatakan...

berwiraswasta mungkin salah satu solusinya mas, jangan salah loh , pengusaha swasta tidak kalah loh dengan pegawai :D

Sapi mengatakan...

Sing sabar dan tetap semangat :-)

GO Outbound mengatakan...

Dimana yang jual tuh obat gantengnya?
hehehe

Swift Semarang mengatakan...

Semangat mas kerja nya biar tambah banyak duitnya hehehe

green angelica mengatakan...

sabar mas, allah punya rencana lain untuk anda , mudah2n mendapatkan yg terbaik

Imam Fahruddin mengatakan...

Jangan berkecil hati bro, pertajam skil dan bersikap pede, jangan minder...ayo semangat, setiap orang bisa kenapa kita tidak bisa?.....dan perbanyak doa...insyaallah Tuhan memberikan jalan yang terbaik

Tukang Taman mengatakan...

Senasib kalo gitu bang, tampang pas2an pas mau ngelamar jadi model celana dalem jadi nggak bisa :(

titi aisyah' blog mengatakan...

semangattt awalll,,, u can,,,,go go fighting

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.