Recent Posts

Selasa, 26 Oktober 2010

IDE TERNYATA MAHAL

ide cemerlang awaluddin jamal


Bismillahirrahmanirrahim

Suatu hari saya pernah jalan ke Ciwalk bersama salah seorang teman saya, pas sedang asyik jalan tiba-tiba teman saya itu tertarik untuk membeli sebuah kacamata yang terpajang di salah satu etalase toko yang ada di sana, akhirnya kami pun masuk untuk menanyakan harga dari kacamata tersebut, ternyata kacamata dengan gagang kayu itu harganya cukup mahal, kalau tidak salah waktu itu di bandrol dengan harga 120 ribu, harga yang lumayan mahal -menurut saya- untuk kacamata yang hanya di pakai buat bergaya itu.

Saya tiba-tiba teringat dengan kejadian yang saya alami itu, ketika semalam nonton acara di Metro TV -kalau tidak salah Economic Challenge- yang menghadirkan 10 pengusaha muda di Indonesia, dimana pada acara semalam dihadirkan 10 orang anak muda -walaupun karena ketiduran, saya hanya sempat melihat profil 3 orang saja- yang berhasil mengembangkan usahanya sesuai dengan bidangnya masing-masing, dan yang lebih membuat saya berdecak kagum, selain omzet yang lumayan besar mereka juga sudah mampu untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Saya tertarik dengan apa yang diceritakan oleh Rizky Kurnia Widiantoko, yang membuat usaha di bidang alas kaki, ketika itu ia hanya iseng-iseng saja menawarkan idenya di sebuah forum online, yang di tawarkan itu IDE nya bukan berupa barang. Tanpa di sangka IDE yang dia tawarkan itu di apresiasi oleh orang-orang, bahkan sudah ada yang memesan barang sekalipun barangnya belum ada, karena apa yang ia jual masih berupa IDE saja. Akhirnya ia pun mulai untuk menjalankan usaha sesuai dengan IDE yang dia miliki tadi.

Kita tentunya sering mengeluh ketika akan membeli suatu barang, lantas barang yang akan kita beli itu harganya mahal -menurut kita- sebab jika sesuai dengan hitung-hitungan kita harga untuk sebuah barang tersebut tentunya tidak akan semahal itu, tapi pernah kah kita berpikir bahwa apa yang akan kita beli itu bukan hanya barang itu saja, tapi juga IDE dari pembuat barang tersebut.

Yah.., ada IDE yang mendasari terciptanya barang tersebut tentunya, dan IDE inilah yang membuat harga dari suatu barang itu bisa mahal, sebab tidak semua orang memiliki IDE seperti itu, contohnya saja anda sebab jika anda memiliki IDE untuk membuat barang tersebut atau bagaimana bisa menghasilkan barang tersebut anda tentunya tidak perlu membelinya, cukup anda buat sendiri. Tapi toh anda juga membeli bukan lantas membuatnya, hal ini membuktikan bahwa ketika anda membeli suatu barang bukan hanya barang itu yang anda beli tapi juga IDE.

Begitupun dengan kejadian yang saya alami itu, saya baru tersadar kenapa kacamata yang menurut saya biasa-biasa saja itu di jual itu harga yang cukup mahal -menurut saya- sebab yang perlu untuk di "hargai" itu adalah IDE dari orang yang membuat kacamata tersebut, sehingga menghasilkan sebuah kacamata yang unik yang berbeda dari yang lain.

So.. IDE itu ternyata mahal, jadi kalau anda punya IDE "jual lah" IDE anda, siapa tahu anda bisa mendapatkan banyak uang dari IDE tersebut...

Sekalian mau majang award dari Gaphe dalam rangka memeriahkan Postingannya yang ke 100, Terima kasih sudah memberikan award ini kepada saya.., ini dia awardnya..,

Award dari Gaphe


Salam Hangat Putra Sawerigading

11 Komentar:

lyna riyanto mengatakan...

intinya mari kita hargai ide dan pikiran orang lain..begitu kan Mas :)

salam kenal

Gaphe mengatakan...

hehe..emang mahal namanya Ide. Bahkan bisa bernilai jutaan dollar asal pinter ngolahnya. Makanya yang namanya njiplak, plagiat, itu sama saja dengan mencuri uang si pencipta ide.

btw makasih yaa udah dipajang ^_^

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Lyna Rianto.., iya, salam kenal :D

@ Gaphe.., betul tuh.. iya sama-sama.. :D

Asis Sugianto mengatakan...

IDe memang mahal sob, soalnya itu lahir dari buah pemikiran kita sob,,,

Oya selamat sob atas awardnya,,, semoga makin sukses,,,,

penghuni60 mengatakan...

wow, hebat bgt ya...
hmmm, jd tertarik kpingin menjual ide2ku jg...
thnks ya

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Asis Sugianto.., terima kasih sob..

@ penghuni60.., iya sob, lebih baik begitu, lumayan kan.. :D

Muhni mengatakan...

asyiknya dapat reward... gimana caranya tugh... (spek2)..

mirnarizka mengatakan...

Ide itu memang mahal, bukan hanya dari segi nilai uang karena ia juga merupakan hasil perenungan dan pemikiran yang dalam dan lama. Karena itu saya benci sekali dengan praktik plagiat. Ingin saya katakan pada orang-orang bermental penjiplak itu kalau anda telah membunuh si penggagas ide saat menjiplaknya. Bukan lebay, tapi terus terang saat karya kita dijiplak, semangat untuk berkarya kembali menjadi mati.

mirnarizka mengatakan...

oh ya, saya juga pernah membuat tulisan tentang ide di blog saya
http://mirnarizka.wordpress.com/2010/09/23/ide/
kok, gambarnya bisa mirip ya... hehehe... :D

4n32 / farizy4n mengatakan...

kayak idenya Linus Torvald sang pencipta Linux [akronim dari LinUs mINix] awalnya dari ide yang konyol sampai jadi seperti sekarang, dengan gagasan Go Open Source.
Artike Terkait coba lihat di

http://farizy4n.blogspot.com/2010/12/dari-yang-tidak-masuk-akal-sampai-ke.html

Anonim mengatakan...

bagus idenya dengan bikin tulisan ttg ide, hehehehe ..... kira-kira kalo kita mo jual ide berupa topik tulisan itu dimana ya, ada gak ya penulis suku bugis makasar yang mau membeli ide sy,ide sy tentang salah satu budaya bugis makassar yg menurut sy bersifat diskriminatif, sy yakin ide sy belum ada orang lain yang kepikiran, benar gak ya ? smoga gak colo heheheh. Sy bisa jadi penyuplai ide, kalo ada yang tertarik hub : lillochat@ymail.com

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.