Recent Posts

Kamis, 10 Februari 2011

PESTA BUKU BANDUNG 2011

Pesta Buku Bandung 2011
sumber gambar : infobdg.com


Bismillahirrahmanirrahim

Masuk semester baru bagi seorang mahasiswa tentu saja identik dengan mata kuliah baru dan tentu saja perlu buku literatur yang baru pula. Begitupun dengan yang saya alami, belum genap 2 minggu perkuliahan di semester ini, kami sudah dihadapkan pada beberapa buku literatur yang harus dimiliki. Tidak ada pilihan lain lagi kecuali mencari tempat yang murah untuk mendapatkan buku-buku tersebut, dan rasanya tidak ada tempat lain -yang saya tahu- menyediakan buku-buku murah selain Palasari.

Namun berhubung waktu yang belum ada, akhirnya saya belum sempat untuk berburu buku kesana. Sampai akhirnya kemarin saya mendapatkan kabar dari seorang teman kalau ternyata di Landmark Convention Hall kawasan Braga sedang ada kegiatan "Pesta Buku Bandung 2011", yang lebih menarik perhatian lagi adalah ternyata disana buku yang dijual di diskon besar-besaran.

Akhirnya tadi bersama dengan beberapa senior yang memang sedang mencari buku untuk menunjang penelitian mereka, saya pun berangkat kesana dan memang benar, hampir semua stand yang ada disana memberikan diskon yang sangat menggiurkan bagi siapa saja yang berkunjung ke tempat ini.

Begitu masuk ke gedung, ternyata stand yang berada paling depan adalah milik Gramedia (Oh iya stand disini adalah milik dari penerbit-penerbit buku). Begitu masuk di depan terpajang buku kedua dari trilogi Negeri 5 Menara, "Ranah 3 Warna", sayang kalau tidak saya beli padahal buku pertamanya kan sudah saya baca. Akhirnya buku ini saya beli, dengan harga 52 ribu setidaknya saya menghemat 13 ribu dari harga sebenarnya, ini dia bukunya :


Ranah 3 Warna

Setelah membayar buku pertama ini, saya kembali pada tujuan utama datang ke tempat ini, mencari buku literatur kuliah. Setelah berkeliling ke beberapa stand saya akhirnya masuk ke stand milik Refika Aditama, kebetulan di sini saya mendapatkan dua buku yang memang saya cari, yang pertama adalah buku Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat buku ini ditulis oleh dosen saya sendiri di STKS Bandung Bapak Edi Suharto, yang ini juga dapat special price cuman 33 ribu dibanding harga aslinya yang 45 ribu he he he.., Bukunya kayak gini :


Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat
Masih di stand ini juga dapat bukunya James A.Black, Metoda dan Masalah Penelitian Sosial, dan lagi-lagi dengan harga istimewa diskon 50% dari harga aslinya yang 54 ribu. Bukunya seperti ini :


Metoda dan Masalah Penelitian SOsial
Setelah mendapatkan 3 buku saya pikir sudah cukup, tapi begitu mau keluar ada lagi satu stand yang memberikan tawaran menarik, bagaimana tidak harga buku yang diobral cuma di kisaran 5 ribu - 10 ribu, jadilah saya ikut-ikutan mengacak-acak rak buku obral itu, dan hasilnya hanya dengan 25 ribu saya mendapatkan dua buku ini sekaligus :


Islam Anti Korupsi
Begitu ingin membayar ke kasir ternyata "Setan" buku masih menggoda saya untuk membeli sebuah buku lagi, sebuah buku yang menceritakan tentang perjuangan 6 bocah tibet menaklukkan himalaya demi bersekolah, walaupun harganya tidak begitu murah dibanding buku yang lain, tapi lumayanlah masih tetap dapat diskon. Buku yang berjudul Escape Over The Himalayas ini kalau dari luar tampangnya kayak begini :


Escape Over The Himalayas
Akhirnya hari ini saya punya tambahan 6 buku lagi, mudah-mudahan semua bukunya bisa saya baca sampai tuntas dan tentu saja saya berharap bisa bermanfaat.

Oh iya, hanya saja saya sedikit merasa kecewa, soalnya ternyata buku tentang Pekerjaan Sosial yang berkaitan dengan kuliah saya di STKS Bandung masih sangat kurang. Buktinya dari beberapa buku literatur yang menjadi target saya, hanya ada dua yang dapat sisanya tidak ada.

Atau karena profesi pekerja sosial itu sendiri belum populer di Indonesia sehingga buku yang menunjangnya pun tidak begitu banyak dibanding profesi-profesi lain seperti di bidang hukum misalnya, yang bukunya begitu banyak tersedia. Entahlah !

Salam Hangat Putra Sawerigading

9 Komentar:

Gaphe mengatakan...

wow.. sayangya di bandung yah... emang kalo bookfair buku murah banyak bertebaran gitu jadi surganya bara bookworm..

termasuk saya, hahaha..

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Gaphe.. surga banget sob.. :D

Ferdinand mengatakan...

Aduh sayang aku gak tau, klo tau segera berangkat kesana Sob hha.... paling 4 Jam sampe :P

tapi klo boleh jujur selama ini klo nyari buku2 mahal aku pasti ke Bandung juga, aku lupa nama tempatnya cuma disitu khusus buku2 Bajakan yg harusnya harganya jutaan jadi cuma 200 rb'an hhe... maklum gak kuat aku klo harus beli yg jutaan hhe.. :P

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Ferdinand.. acaranya masih sampai tanggal 15 kok mas, masih sempat lah.. he he

Asriani Amir mengatakan...

beuhh... bolehlah tuw.. diks... q boleh nitip dak. kli ja "orang2 di persimpangan kiri jalan"-nya soe hok gie ada. dah 6 taon lebih negh bergerilya hunting tuw buku, dak nemu2 juga. palasari bersih. klo nemu bgi infonya ma sy.. plis...plis... ^^

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Asriani Amir.. yuph.. nanti kalau jalan kesana saya coba cari2 infonya.. :)

Ferdinand mengatakan...

Malem Sob... aku datang rutin :P

Owh masih ampe tanggal 15? hem... klo gtu aku cari temen buat kesana dlu deh haha... klo ada yg mu ya bsk langsung meluncur... tp mau beli buku apa ya? haha...

Thnx infonya Sob... semangat n sukses slalu :D

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Ferdinand.. apa aja sob.. semua buku kayaknya bermanfaat.. he he..

articles mengatakan...

bagus banget artikelmu…
tingkatkan, tetap semangat…
di tunggu kunjungan baliknya
@Get A New Articles Get A New Articles
d follow ya…thanks^^

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.