Recent Posts

Selasa, 08 Februari 2011

GARA-GARA JUDUL


sumber gambar : joshbrisbane.com


Bismillahirrahmanirrahim

Mungkin anda pernah mendapatkan teman atau orang yang ada di sekiar anda mengalami perubahan sikap atau perilaku, dimana perubahan sikap atau perilaku itu terjadi karena ada suatu kejadian yang di alami.

Tapi pernahkah anda mengalami kejadian dimana perubahan sikap yang terjadi pada orang di sekitar anda tidak hanya pada satu orang, tapi beberapa orang bahkan banyak orang ? walaupun mungkin tidak separah yang anda bayangkan, tapi fenomena ini cukup membuat saya dan beberapa teman lain yang menyadari hal ini senyum-senyum sendiri. :D

Kebetulan untuk bulan ini kampus saya tercinta STKS Bandung membuka pendaftaran judul penelitian bagi senior tingkat IV yang akan menyelesaikan pendidikannya tahun ini. Alhasil senior-senior ini pun berlomba-lomba untuk membuat judul penelitian yang menarik dan masuk dalam kriteria, hal ini semata-mata dilakukan untuk mengejar target ujian proposal penelitian yang akan dilakukan bulan Maret ini. Kalau tidak dikejar segera, bisa jadi wisuda molor sampai tahun depan.

Tapi ternyata membuat judul tidak semudah membalikkan telapak tangan, banyak dari mereka yang sudah memasukkan judul dan hanya sebagian kecil yang mendapatkan kabar baik.

Akibatnya kehidupan di asrama pun sedikit mengalami perubahan, terutama bagi senior-senior yang belum mendapatkan judul yang tepat, karena selain mengejar target waktu, lingkup penelitiannya pun semakin terbatas karena dalam setiap tema hanya ada 5 judul yang diterima. Akhir-akhir ini saya sering mendapati beberapa senior yang tingkah lakunya sedikit "abnormal".

Abnormal disini maksud saya bukan seperti orang yang sakit jiwa, tapi tingkah laku mereka itu berbeda dengan perilakunya di hari-hari biasa. Ada yang biasa orangnya jarang bicara akhir-akhir ini malah sering nyanyi-nyanyi nggak jelas -teriak- lebih tepatnya, ada juga yang dulunya heboh sekarang malah agak pendiam dan kerjanya hanya di depan laptop -berpikir- mungkin.

Kalau saja saya bukan junior yang bermoral, mungkin fenomena ini akan saya angkat menjadi sebuah penelitian kecil-kecilan. "Pengaruh penentuan judul terhadap kehidupan mahasiswa di asrama putra induk STKS Bandung", tapi dari pada di anggap sebagai junior yang Patoa-toa'i lebih baik jangan dulu.

Selain di kehidupan nyata ternyata pengaruh judul ini juga mengalir sampai di kehidupan dunia maya mereka, hampir semua status-status mereka akhir-akhir ini selalu mengandung kata judul, Misalnya :

...juduul ooohhh juduuuuull,, insya allah bsook kau sdh d ACC... capeeekk sy mikirin kau,, mrancang kau sdemikian rupaa hngga mnjadi satu kalimat... (F.A)

ke kampus.. liat judul.. di acc_Kah ato belum.. (M.M)

" BeLum Ada JuduL",.....
Judul Dlu baRu miMpi jdi SST,....hehehehe,,,(S.Y)


Itu baru 3 contoh saja, yang parahnya ada puluhan status tiap hari yang di upload dengan tema yang sama Judul !!! Ternyata judul ini betul-betul telah menjadi fenomena terutama dalam kehidupan orang-orang di sekitar saya saat ini.

Mengakhiri postingan saya saat ini, saya hanya bisa bisa bilang "selamat berjuang kakanda-kakanda ku, semoga tahun ini bisa mengejar target dan bisa menyandang predikat S.St di bulan oktober mendatang" Amin !!

Salam Hangat Putra Sawerigading

8 Komentar:

nuansa pena mengatakan...

Amin, Sukses untuk studynya!

intuisiq mengatakan...

mg sukses...

Djangan Pakies mengatakan...

Assalamu'alaikum Kang
Ketika seseorang berada pada tekanan yang sangat, maka dibutuhkan kondisi rohani yang mumpuni kalo tidak tentu saja perilaku "aneh" dan tidak biasanya akan terbentuk.
Semoga makin dimudahkan dalam urusannya ya Kang

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah...cari judul saja sudah bikin stress ya Bang, palagi isinya...hehe. Smoga pade sukses aja deh, klo judulnya ga dapet2 bikin aja " Belum Ada Judul " hehehe

Ritma mengatakan...

semangat....semua pasti dapat berjalan lancar....
btw gambarnya top bnget hehhe

Dolly Belta Hemawan mengatakan...

dibawa tidur aja, he3

Gaphe mengatakan...

judul mah sebenernya bisa ganti2.. yang penting topiknya ketemu dulu.

lah dulu saya bikin skripsi aja nggak pake judul.. baru udah kelar, baru mikirin judul yang cocok

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Gaphe.. itu dia masalahnya, di kampus saya ini mahasiswa wajib menyerahkan judul dulu sebelum melakukan penelitian, jadi topik penelitian dan judulnya itu diseleksi dulu baru jalan.. :D

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.