Recent Posts

Selasa, 07 Februari 2012

ANTARA CI*RA BODY LOTION DAN PENCITRAAN


sumber gambar : tomsioranggila.blogspot.com


Dalam kehidupan, CITRA itu penting, untuk menjaga “kelembaban kulit” -meski untuk sesaat- serta membuat “kulit” tampak lebih putih merona -dibanding aslinya-.

Siapa yang tidak tahu Citra, salah satu merk body lotion ternama di negeri ini. Bahkan kalau tidak salah juga menjadi salah satu yang menjadi pelopor produk kecantikan di Indonesia. Tentu saja kita sudah sama-sama tahu apa manfaat Citra ini dan produk body lotion pada umumnya, paling tidak ada dua yang menjadi manfaat utama, yaitu untuk menjaga kelembaban kulit dan membuat kulit tampak lebih putih. Dua hal yang cukup untuk membuat berbagai produk body lotion laris terjual di pasaran.

Selain Citra body lotion, akhir-akhir ini kita juga pasti sering juga mendengar Citra yang lain, lebih tepatnya Citra dengan imbuhan pen- dan -an, Pencitraan. Kata yang cukup populer setelah pemilihan presiden tahun 2009 yang menghasilkan Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan Bapak Boediono sebagai pemenangnya. Setelah pemilihan presiden tahun 2009, kata Pencitraan ini menjadi sangat sering digunakan oleh masyarakat, fenomenanya hampir sama dengan kata sistemik yang tiba-tiba populer ketika kasus Century bergolak. Apa kabar Century ?

Meskipun berbeda makna, tapi kedua Citra ini menurut saya memiliki persamaan dalam kehidupan manusia, keduanya sama-sama memiliki tempat yang penting, bagi orang-orang yang membutuhkan.

Seperti yang saya sebutkan di awal, salah satu manfaat Citra body lotion adalah untuk melembabkan kulit, lebih tepatnya menjaga kelembaban kulit, dimana untuk saat-saat tertentu kulit kita sewaktu-waktu bisa terasa agak kering, yang bisa jadi disebabkan oleh berbagai faktor, cuaca misalnya, sehingga memerlukan Citra untuk menjaga kelembabannya, bagaimanapun kulit kering bagi beberapa orang sangat tidak nyaman.

Nah, begitupun dengan Pencitraan, ternyata Pencitraan juga memiliki manfaat yang sama, menjaga “kelembaban”. Kamsudnya ? Begini, terkadang dalam kehidupan kita akan diterpa berbagai persoalan dari luar, yang menyebabkan ketentraman hidup kita terganggu, menyebabkan anggapan orang terhadap kita menjadi negatif, apalagi jika memang persoalan yang menimpa kita itu nyata adanya, alias bukan hoax, bukan isu, apalagi fitnah. Pada saat seperti inilah Pencitraan untuk menjaga “kelembaban” diperlukan, menutupi kesalahan-kesalahan dengan serentetan prestasi semu ataukah dengan menutupi isu yang satu dengan isu-isu yang lain bisa menjadi cara untuk menjaga “kelembaban”.

Meskipun demikian, sama halnya dengan body lotion, menjaga “kelembaban” dengan cara seperti ini hanya akan memberi efek sesaat, tidak akan bertahan lama, tinggal menunggu waktu saja sampai semuanya kembali seperti semula, kering.

Manfaat lain dari Citra body lotion adalah membuat kulit nampak lebih putih atau cerah. Entahlah kalau di kulit anda, tapi bagi kulit saya, produk apapun belum ada yang membuatnya nampak lebih cerah dari aslinya yang hitam pekat.

Pencitraan pun demikian, dengan menggunakan metode ini, apa yang terlihat oleh orang lain bisa jadi tidak sesuai dengan aslinya. Kalau Citra body lotion, membuat kulit tampak lebih putih, maka Pencitraan membuat orang-orang tertentu, tampak lebih baik, tampak lebih bijaksana, tampak lebih jujur, atau tampak teraniaya dan berbagai tampak-tampak lainnya. Yah, yang namanya tampak berarti apa yang bisa dilihat saja dan itu tidak akan berpengaruh pada keadaan aslinya. Tampak jujur belum tentu membuatnya betul-betul jujur kan ?

Sayangnya saat ini masih banyak dari kita yang melihat yang tampak saja, sehingga sering merasa kesal ketika keaslian ditampakkan, tapi apalagi yang bisa dilakukan selain kesal dan memaki sana-sini, toh nasi sudah berubah menjadi bubur. Lebih baik untuk membuatnya terasa lebih sedap tambahkan saja sedikit irisan bawang, suiran ayam goreng, taburan bawang goreng dan jangan lupa pula sedikit kerupuk emping. Sedap bukan ?

Oleh karena itu, sudah semestinya untuk bersadar diri, bahwa saat ini sudah ada produk yang bernama Citra dan Pencitraan yang membuat sesuatu tampak lebih baik dari aslinya.

Terakhir, saya bukan pengguna body lotion secara rutin, sehingga saya tidak tahu apakah jika memakai produk body lotion ini secara terus menerus dalam waktu yang lama akan betul-betul memberikan efek perubahan pada kulit. Sehingga saya juga tidak berani mengatakan apakah pencitraan yang dilakukan secara terus menerus dalam waktu yang lama dapat memberikan perubahan pula.

Salam Body Lotion !

Salam Hangat Putra Sawerigading

8 Komentar:

Fahrie Sadah mengatakan...

Begitu pentingkah pencitraan itu?^^

Yayack Faqih mengatakan...

konklusinya bagus banget, dan saya juga gak tau kenapa kalau mendengar atau membaca kata PENCITRAAN, otomatis saya jadi mengarah ke presiden kita yaitu bapak SBY hehe.. konon kata orang2 beliau ini lihai sekali dlm pencitraan.

Kalo menurut sya pencitraan itu serupa semu yang pada dasarnya adalah bohong yg coba di kemas dan di tutupi dgn yg manis2. Tampilkanlah sewajarnya dan apa adanya sesuaii dgn porsi dan kebutuhanya, bukankah itu akan jauh lebih di hargai oleh orang lain?

Gaphe mengatakan...

bisa aja kamu bikin analogi.. ehehe jadi lebih mudah ngerti perpolitikan nih!. mantab.

saya sebenernya nggak terlalu tertarik kalo ngikutin soal politik lah, kasus apa lah.. secara kadang nggak pernah ada habisnya sih

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Fahrie Sadah
bagi beberapa orang dalam kondisi tertentu sepertinya cukup penting, he he

@ Yayack Faqih
idealnya sih mestinya seperti itu, tapi banyak dari kita -manusia- yang belum berani tampil apa adanya. :D

@ Gaphe
saya juga sudah capek lihatnya di televisi, sama bosannya dengan nonton sinetron yang ceritanya gak habis-habis.

bukanperantau mengatakan...

Saya juga selalu menggunakan citra dan melakukan pencitraan, tetapi semua belang masih bisa teridentifikasi, dengan 1 cara yaitu "Tidur Bersama". haha

Scaffolding mengatakan...

wah bisa saja mengaitkan pencitraan gambar dengan body lotion, jadi lucu bacanya :D

andipandora mengatakan...

jagonya pencitraan ya pak SBY

Scaffolding mengatakan...

Inspiratif sekali tulisannya, hebat
:D

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.