Recent Posts

Senin, 06 Mei 2013

PENCITRAAN VIRTUAL

sosial media
sumber gambar : dimsdh.wordpress.com

Hei You !

Media sosial memang menjadi sarana pencitraan yang paling baik saat ini. Bukan hanya bagi para politikus, orang biasa seperti saya, dan anda pun, bisa memanfaatkan media sosial guna menampakkan citra. 

Entah itu citra baik ataupun buruk. Tapi, siapa yang mau menampakkan citra buruk ? Pasti semua orang hanya akan berlomba-lomba menampakkan citra baiknya saja. Ya toh ?

Ketika orang ribut-ribut tentang berpulangnya Alm. Ustad Jefry Al-Buchory beberapa waktu yang lalu. Saya dibuat senyum-senyum oleh status salah seorang senior saya di kantor.

"Tiba-tiba foto vulgar di dp bb jadi ustaz Uje. Semoga bertanda kesadaran, bukan belasungkawa virtual"


Harus diakui, beberapa dari kita, terkadang belum berani menunjukkan jati diri kita yang "sebenarnya". Kita masih merasa nyaman untuk bersembunyi di balik topeng kepura-puraan. Pura-pura baik, pura-pura sholeh, pura-pura jujur, atau bahkan pura-pura cantik. #hahaha

Dan kepura-puraan seperti itu sering kita jumpai di media sosial. Contoh paling kecilnya, seperti yang disampaikan dalam status di atas, dan banyak contoh lain yang bisa ditemui. 

Di media sosial, kita tidak akan bisa membedakan bagaimana kepribadian seseorang yang sesungguhnya. Di waktu tertentu seseorang bisa mengatakan kalau sedang menjalankan ibadah tertentu. 

Namun, di waktu yang lain kita bisa melihat statusnya dengan sumpah serapah yang menyebutkan semua isi kebun binatang. 

Seharusnya, kalau dia mau konsisten disebut sebagai orang yang baik, dia juga harus konsisten dalam menulis status, kan bisa sumpah serapah itu diganti dengan ucapan : "Astagafirullah". Dengan begitu, citranya sebagai orang baik-baik akan tetap terjaga, baik secara virtual maksudnya.

Jangankan sikap, cantik atau gagahnya anda juga bisa dicitrakan melalui media sosial. Tiap tiga kali sehari, anda cukup membuat status : "otw salon", setelah itu berturut-turut anda bisa menyebut satu per-satu jenis perawatan yang ada di salon. Apalagi jika hal ini didukung dengan sentuhan photoshop yang ciamik di foto profil anda.

Tentu, tidak semua orang mencoba untuk mencitrakan dirinya di media sosial. Ada banyak juga yang tampil apa adanya. Saya ? terserah penilaian anda ! Yang pasti, saya tidak lebih baik dari anda.

Salam Hangat Putra Sawerigading

2 Komentar:

Gulunganpita mengatakan...

Yap. Pencitraan di dunia maya memang gampang sekali, kak. dan saya setuju kalau semua yang dipost di virtual world itu, istiqomah dan benar-benar stablish

sitirobiah mengatakan...

ea,, terkadang saya sendiri mau menceritakan saya tidak pd.
mu minta caranya pak supaya pd gimana?

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.