Recent Posts

Jumat, 21 Agustus 2009

SEHAT DI BULAN RAMADHAN



Bismillahirrahmanirrahim

Marhaban Ya Ramadhan..,akhirnya bulan yang penuh berkah itu kembali mendatangi kita, bulan yang merupakan bulan yang paling dinanti-nanti oleh umat Islam di seluruh dunia, bulan dimana pahala kita akan dilipat gandakan nilainya oleh Allah SWT, saya tentunya sangat bersyukur karena sampai saat ini saya masih diberi kesehatan oleh Allah SWT, saat menulis postingan ini tanggal 1 Ramadhan hanya tinggal hitungan jam, nanti malam semua umat muslim sudah akan melaksanakan Shalat Tarwih, dan pada subuh hari kita akan melakukan sahur untuk pertama kalinya di tahun 2009 ini.

Dalam menghadapi bulan Ramadhan tentunya ada banyak hal yang harus dipersiapkan, baik itu dari segi fisik maupun kejiwaan, untuk postingan kali ini saya akan berusaha untuk memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan kita saat bulan Ramadhan, agar kita dapat terus fit dan dapat beribadah semaksimal mungkin di bulan yang penuh berkah ini.

Berikut adalah tips yang bisa anda coba agar tetap bugar saat berpuasa di bulan Ramadhan


NIAT PUASA
Motivasi yang kuat untuk berpuasa menyebabkan fisik kita siap untuk menghadapi sesuatu yang diakibatkan oleh puasa tersebut. Diketahui bahwa kadar asam lambung orang yang niat puasa lebih rendah dari orang yang kelaparan. Hal ini karena niat(motivasi) puasa menyebabkan penekanan pusat lapar di otak sehingga kita siap menahan lapar sampai waktu berbuka.

TETAP MAKAN SAHUR
Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR
Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas danlesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat disbanding jenis makanan lain.

SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA
Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi.

BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN
Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA
Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.

Semoga tips ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, dan tentunya bisa membantu teman-teman untuk menjaga kesehatan di bulan Ramadhan ini, hingga kelak kita tiba di hari kemenangan dan kembali menjadi manusia yang suci. Terakhir saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan.


Salam Hangat Putra Sawerigading

0 Komentar:

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.