Recent Posts

Jumat, 21 Agustus 2009

ULANG TAHUN ?


Bismillahirrahmanirrahim

Pertama-tama saya mau ucapkan selamat ulang tahun buat teman sekamar saya, sekaligus om dan sepupu saya tercinta "Dirghantara Halun", yang ke 19. semoga di umurnya yang ke 19 tahun ini Dirga bisa lebih dewasa dalam menjalani hidup, utamanya kehidupan di rantau ini yang tentu sangat berbeda dengan kehidupan jika berada di kampung halaman sendiri. Selanjutnya saya ucapkan terima kasih, karena sudah di traktir makan konro.., he he, sorry kalau tadi minta tambah soalnya konro bakarnya enak. Sebenarnya hari ini bukan cuma Dirga yang berulang tahun, tetapi ada beberapa orang yang saya kenal juga berulang tahun tepat pada hari ini, pada kesempatan kali ini saya ucapkan Selamat Ulang Tahun dan semoga panjang umur, enteng rejeki, enteng jodoh, dan sukses dalam karir atau pekerjaan, Amin.

Pada postingan kali ini, saya bukan mau membahas tentang ulang tahun teman saya, tapi akan membahas mengenai apa sebenarnya arti ulang tahun itu dan bagaimana Islam memandang tentang perayaan Ulang Tahun ini. Huuf banyak sekali yang akan dibahas, he he tapi sorry ya kalau nanti yang saya sampaikan tidak dapat memuaskan rasa keingin tahuan teman-teman.



Saya akan memulai dengan apa sebenarnya makna Ulang Tahun itu, kalau diartikan secara kata per kata, maka ulang tahun itu dapat diatikan mengulang tahun, jadi kalau saya lebih senang dengan perkataan dalam bahasa inggris yaitu Happy Birthday yang artinya selamat hari kelahiran, terus kenapa orang Indonesia menyebutnya dengan Selamat Ulang Tahun ??? saya juga tidak tahu dari mana asalnya sehingga bangsa kita mengatakan Selamat Ulang Tahun bagi setiap perayaan hari kelahiran seseorang, jadi artinya setiap tahun kita mengulangi lagi tahun yang lalu, ndak mengerka juga , bahasa gaul tidak tahu dalam dialeg Makassar, jadi kalau teman-teman masih penasaran, silahkan ditelusuri saja, saya hanya berusaha untuk menyampaikan rasa penasaran saya juga.

Selanjutnya mengenai pandangan Islam tentang perayaan ulang tahun itu sendiri, dalam Islam sepengetahuan saya (pengetahuan saya yang sangat-sangat terbatas), tidak ada perayaan untuk memperingati hari lahir seseorang, pada zaman nabi pun menurut catatan sejarah tidak pernah ada perayaan untuk memperingati hari lahir seseorang, masih sepengatahuan saya lagi, saya pernah membaca di salah satu blog yang mengatakan bahwa perayaan ulang tahun pertama yang tercatat dalam sejarah adalah perayaan ulang tahun raja nambrud, tapi kenapa sekarang kita merayakan hari kelahiran nabi dengan menggelar acara maulid nabi, saya kurang tahu dari mana sebenarnya perayaan seperti itu dimulai, tapi saya pernah mendengar dari salah seorang guru saya yang mengatakan bahwa perayaan maulid nabi itu merupakan sebuah cara wali songo di jawa terdahulu untuk menarik minat orang untuk mengenal agama Islam lebih dalam, jadi kembali saya serahkan kepada teman-teman bagaimana penilaian teman-teman terhadap perayaan ulang tahun itu sendiri (maaf kalau saya masih memakai kata ulang tahun, sebab itu sudah melekat sejak pintar membaca dulu).

Kalau saya sendiri ulang tahun itu tidak perlu dirayakan secara berlebihan tapi cukup dengan mengucapkan rasa syukur kepada Allah SWT, karena masih diberi kesempatan untuk hidup lebih lama lagi. dan yang perlu saya tekankan ada baiknya jika di setiap ulang tahun kita, kita bukannya bermandi kado dan makanan tapi bermandi linangan air mata, menginstropeksi hidup kita, apakah sudah sesuai dengan koridornya atau belum. Semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, Amin.

Salam Hangat Putra Sawerigading

2 Komentar:

pea kadangkeng mengatakan...

Testing Komentar...,

蘿蔔糕Jolin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.