Recent Posts

Sabtu, 22 Agustus 2009

KESEJAHTERAAN SOSIAL




Bismillahirrahmanirrahim

Seperti yang terlihat judul postingan ini, ialah mengenai kesejahteraan sosial, tapi saya bukannya mau membahas tentang apa kesejahteraan sosial itu, tapi saya mau membahas bagaimana sulitnya mencari tugas yang berhubungan dengan masalah kesejahteraan sosial di dunia maya, seperti yang saya katakan tadi saat ini saya sedang mencari-cari tugas mengenai kesejahteraan sosial, tepatnya tugas mata kuliah Sistem Usaha Kesejahteraan Sosial, tugas yang diberika oleh dosennya ialah mencari Model-model pelayanan sosial dan Program-program pelayanan sosial, tapi saya sudah putar-putar mencari tugas ini di google, tapi yang mengena mengenai permasalahan ini cuman itu-itu saja, kalau saya tulis kesejahteraan sosial yang ditemukan oleh google paling cuman itu-itu saja, situsnya Departemen Sosial, atau blognya Joko , jadinya pusing soalnya kurang referensi, mungkin ini juga salah saya yang malas mencari referensi di perpustakaan, padahal banyak buku tentang ini di perpustakaan (mungkin, soalnya belum pernah nyari juga sih, he he he).

Terkadang juga sih saya ke perpustakaan, tapi kalau mau mencari buku rasanya saya sangat malas, biasanya di perpustakaan saya hanya baca koran, soalnya buku mengenai kesejahteraan sosial kebanyakan masih menggunakan bahasa inggris, jadi malas bacanya soalnya dibaca juga saya tidak bakalan mengerti, kasihannya diriku.., ada yang bisa kasih solusi tidak bagaimana menghilangkan kemalasan membaca saya, kalau ada yang bisa kasih solusi tulis di komentar saja ya..., please...,


Pertanyaannya sekarang kenapa masih jarang situs-situs yang membahas mengenai kesejahteraan sosial di Indonesia ??? salah satu jawabannya mungkin karena profesi pekerjaan sosial yang merupakan profesi di bidang kesejahteraan sosial belum begitu mendapatkan pengakuan di Indonesia, profesi ini masih dipandang sebelah mata oleh orang-orang, coba bandingkan dengan profesi-profesi lainnya seperti dokter atau psikiater yang telah mendapatkan pengakuan oleh orang-orang.

Selanjutnya mengapa orang-orang belum memberi pengakuan terhadap profesi pekerjaan sosial, ini mungkin karena kebanyakan orang masih menganggap bahwa profesi pekerjaan sosial itu bukan suatu pekerjaan profesional seperti seorang dokter atau seorang psikiater, melainkan hanya berupa profesi yang berlandaskan atas asas kerelaan atau (saya tidak tahu bagaimana harus menyebutnya) yang jelasnya tidak dilandaskan pada profesinalitas, padahal pekerjaan sosial sudah bisa dikatakan sebagai suatu pekerjaan profesional karena mengandung unsur body of knowledge, body of value dan body of skill. Seperti yang dikatakan oleh dosen saya Ibu Rini, ketika mempelajari mata kuliah Pengantar Ilmu Kesejahteraan Sosial.

Selanjutnya mengapa situs yang membahas mengenai kesejahteraan sosial itu masih langka, mungkin karena masih jarang teman-teman calon pekerja sosial atau para pekerja sosial yang menampilkan tentang pengetahuan-pengetahuan mereka tentang kesejahteraan sosial itu di dunia maya, tapi mudah-mudahan dengan adanya pelatihan pembuatan blog yang diadakan oleh SREG di kampus STKS Bandung beberapa waktu yang lalu akan memacu munculnya blog-blog yang akan membahas mengenai kesejahteraan sosial dan pekerjaan-pekerjaan sosial, sehingga kedepannya tidak akan sulit lagi menemukan blog atau situs-situ yang membahas hal-hal tersebut.


Salam Hangat Putra Sawerigading

0 Komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.