Recent Posts

Kamis, 19 November 2009

SEKOLAH TINGGI KESEJAHTERAAN SOSIAL

STKS Bandung
Bismillahirrahmanirrahim


Kali ini saya mau menceritakan mengenai kampus saya, tempat saya sekarang menuntut ilmu. Setelah sekian lama saya menulis-menulis yang tidak jelas, saya baru sadar kalau belum pernah membuat postingan tentang tempat saya sekarang menuntut ilmu. 

Kalau tentang demo sama pemilihan presmanya sih sudah, tapi profil kampus saya ini rasanya belum pernah saya tulis. Kampus saya ini mungkin tidak setenar dengan kampus-kampus lain yang ada di Bandung, seperti ITB, Unpas, Unpad, atau Unisba. Tapi saya tetap bangga dengan kampus saya ini, setiap saya bercerita pada orang-orang tentang kampus saya, mereka pasti selalu bertanya apa STKS itu ? Lokasinya dimana ? untuk menjawab itu semua kali ini saya akan sedikit memberikan informasi mengenai kampus saya ini.

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung merupakan Lembaga Pendidikan Tinggi Kedinasan di bawah Departemen Sosial RI yang menyelenggarakan program pendidikan Diploma IV Pekerjaan Sosial.

STKS berdiri sejak tahun 1964 sebagai peningkatan dari Kursus Kejuruan Sosial Tingkat Tinggi (KKST) dan berjangka waktu pendidikan selama 2 (dua) tahun, yang sebelumnya berbentuk Kursus Dinas Sosial A (KDS - A) yang didirikan tahun 1957 dan berjangka waktu pendidikan selama 1 (satu) tahun. Sampai dengan tahun 1970, STKS Bandung hanya menyelenggarakan pendidikan profesional pekerjaan sosial tingkat Sarjana Muda.


Pada tahun 1971 program pendidikan STKS ditingkatkan dengan dibukanya program Sarjana (S-1) dengan adanya ketentuan dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan tentang dihapuskannya program sarjana muda, maka sejak tahun 1985 selain jenjang pendidikan S-1, STKS juga menyelenggarakan program pendidikan jenjang Diploma III. Jenjang pendidikan program Diploma IV dimulai sejak tahun akademik 1989/1990.



Sampai tahun 2005, jumlah lulusan STKS sebanyak 10.247 orang, terdiri atas 10.197 orang lulusan program pendidikan KDSA, KKST, Sarjana Muda, Diploma III, Sarjana (S1) dan Diploma IV, serta sebanyak 50 orang lulusan program Magister Pengembangan Masyarakat (S2). Alumni STKS Bandung tersebar diberbagai intansi Pemerintah, swasta maupun lembaga-lembaga internasional (UNHCR, UNOCHA, UNDP, UNICEF, World Bank dll.)



Pada tanggal 18 Januari 2001 status STKS sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan dikukuhkan melalui Keputusan Presiden RI Nomor 14 Tahun 2001. Adapun Organisasi dan Tata Kerja STKS Bandung dikukuhkan dengan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 24/PEGHUK/2002. Dan Keputusan Menteri Sosial RI Nomor : 45/PEGHUK/2002 tentang Statuta STKS Bandung.



Berdasarkan Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 15/D/T/05 tanggal 10 Januari 2005, mulai tahun akademik 2006 Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) Bandung menyelenggarakan Program Studi Profesi Pekerjaan Sosial (Spesialis 1/Sp 1). Program Pendidikan Spesialis-1 Pekerjaan Sosial ini meliputi 2 (dua) konsentrasi yaitu Konsentrasi Pekerjaan Sosial Klinis dan Konsentrasi Pekerjaan Sosial Komunitas

Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 005/BAN-PT/Ak-II/Dpl-IV/XII/2005 tanggal 8 Desember 2005, tentang Hasil dan Peringkat Akreditasi Program Studi Untuk Program Diploma IV (D-IV) Di Perguruan Tinggi, peringkat akreditasi untuk STKS Bandung adalah A. 

Itu saja sedikit gambaran mengenai kampus saya tercinta STKS Bandung, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua, kali-kali aja yang mau ikutan sama saya buat sekolah disini.


24 Komentar:

Frank mengatakan...

sip..sip...
kerenlah info & blognya...

Agung Aritanto mengatakan...

waaaah saya baru tau kampus kamu ini

tuteh mengatakan...

Udah lama pernah denger soal STKS, baru sekarang benar2 ngerti hehehe... nice info!

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Agung.., iya neeh sob.., kampusnya kurang populer.., he he he..,

@ tuteh.., tengkyu dah berkunjung..,

Zahra Lathifa mengatakan...

baru denger tentang kampus ini, gpp bro...kita sama2 belajar :) keep learning then...
salam kenal, aku follow ya

Anonim mengatakan...

kak,saya tertarik dg STKS,.
saya sekarang kls 3SMA.saya ingin masuk di STKS..
kira2 syaratnya apa ya???

.trus penempatannya kerja apa langsung atas usulan STKS sendiri???

. Makasih kak...
(LiNda Ayu)

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Linda Ayu..,

Di STKS ini ada 4 golongan mahasiswa.., dan yang mendapatkan penempatan untuk formasi PNS hanya yang berstatus Ikatan Dinas..,

Untuk Ikatan Dinas., STKS hanya sebagai penyelenggara pendidikan.., sedangkan untuk penempatannya bergantung pada Daerah masing-masing..,

Ikatan Dinas untuk saat ini (2009) baru 3 Daerah yang mengadakan yaitu : Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Pangkal Pinang, dan Kab. Gorontalo Utara. Rencana untuk 2010 kemungkinan akan bertambah lagi dari Kab. Kolaka (Sulawesi Tenggara).., Untuk Ikatan Dinas persyaratannya bergantung kepada BKD masing2 Provinsi/ Kabupaten/ Kota..,

Anonim mengatakan...

STKS jie....

Anonim mengatakan...

ka, syarat-syarat pendaftarannya mane? buat maba 2010/2011

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Anonim.., untuk MABA 2010 belum ada persyaratan yang dikeluarkan oleh kampus.., nanti kalau sudah ada pasti akan diposting di blog ini.., jadi ditunggu saya..,

diusahakan secepatnya..,

adhya mengatakan...

pnDaftaran STKS yg ikatan dinas...
ad gag buka diMkasar???

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ adhya.. sudah 3 tahun ini sejak 2007 pendaftaran untuk ikatan dinas.. tetap ada.. untuk tahun 2010 sepertinya masih ada juga.. silahkan di cek di BKD saja.. terima kasih..

Anonim mengatakan...

kaka punya kisi2 soal ujian STKS ga!!!

blz ya ditunggu
email angki_x5@yahoo.co.id

Rafika mengatakan...

saya berminat ingin melanjutkan pendidikan di sana, tapi mengenai persyaratan dan info nya gimana yaa cara mendapatkannya? mohon di bantu yaa... kirim berita ter-update ke email saya :
murnidevita@gmail.com
makasih buat bantuannya.. :)

Anissa Sikehogalak mengatakan...

kira2 persyaratanny ap aj ka???
tolong kirimkan persyaratanny di inbox facebook saya ka di Aniez_nid@rocketmail.com
PLEASE... Terimakasih Sebelumnya :)

Anonim mengatakan...

mbak peluang kerja yg bukan ikatan dinas gmn?
adedeh1@yahoo.com

fandy mengatakan...

aslkum.sy tertrik dan mw tanya,klu yg dari palopo langsung pns stleh lulus?.sy dri lutra,ada dk tdk mhssw yg dari lutra?mreka langsng pns atw tdk.mksh

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Fandy

untuk yang mendaftar melalui jalur ikatan dinas Sulawesi Selatan, ada kemungkinan diangkat menjadi PNS setelah selesai di kabupaten masing-masing (Palopo, Lutra, Wajo dll)

dari Lutra ada beberapa orang sejak tahun 2007 - sekarang sudah ada 7 orang. untuk saat ini belum terangkat karena ang. I (tahun 2007) baru akan wisuda di bulan oktober 2011. Mungkin setelah itu baru akan ada pengangkatan Insya Allah.

rizky avia mengatakan...

rizkyavia@gmail.com
assalamualaikum ka, saya siswa SMAN 6 di Cirebon
Tahun ini saya sangat berminat masuk di stks bandung. minat sekali ka. tolong misal ada info pendaftaran ataupun apa pun untuk menjadi mahasiswa di stks harap beritahu saya yaaa
terima kasih atas perhatiannya. mohon bantuannya yaaa
wassalamualaikum

Anonim mengatakan...

Peluang kerja yang bukan ikatan dinas gimana..

Amal setiawan mengatakan...

bg,jadi skrang gax ada s-1 di stks bndung ya bang?

Anonim mengatakan...

yg di bandung ada ikatan dinas gak?

fenii mengatakan...

Di kota bengkulu ada nggak pendaftaraan nya,kalau ada dimana tempat nya ?

Sendhiyana Tanaeliya mengatakan...

kak kira kira pendaftaran STKS 2016/2017 dibuka kapan? daftarnya gimana?

Poskan Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.