Recent Posts

Selasa, 23 Maret 2010

AKU CINTA INDONESIA



Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah, setelah sekitar 15 hari "CUTI" untuk menulis di blog kesayanganku ini, saya bisa menulis kembali dengan membawa semangat CINTA INDONESIA. Semangat yang rasanya saat ini perlu sedikit dibangkitkan kembali, khususnya bagi kalangan Pemuda-Pemudi Indonesia, yang kelak akan menjadi penerus perjuangan Bangsa. Sekalian mau mengucapkan Selamat Melaksanakan Ujian Akhir Nasional buat adik-adik Sekolah Menengah Atas, semoga Ujian bisa dikerjakan dengan baik dan lulus dengan nilai yang baik pula, Amin.

Cinta sebuah kata yang bagi orang-orang "yang bukan orang-gak tahu apa namanya" identik dengan rasa suka kepada seseorang, rasa suka yang amat sangat dalam kamus besar bahasa Indonesia inilah yang disebut dengan CINTA. Nah sekarang bagaimana sehingga rasa suka yang amat sangat ini kita wujudkan ke dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air ? Kita tidak perlu berpikir jauh-jauh mengenai bagaimana caranya, cukup melakukan hal-hal yang mungkin bagi sebagian orang kecil akan tetapi hal itu sudah menunjukkan kecintaaan kita kepada Indonesia.

Menurut hasil pertapaan saya justru hal-hal kecil semacam inilah yang bisa memupuk rasa cinta kita terhadap tanah air Indonesia.

Cinta Produk Indonesia
Rasa cinta terhadap tanah air dapat kita wujudkan dengan mencintai produksi dalam negeri apapun itu, mau itu Kaos, Kosmetik sampai barang-barang elektronik. Rasanya buatan Indonesia masih lebih bagus, jadi buat apa beli barang-barang luar. Bahkan menurut yang pernah saya baca, banyak barang-barang Indonesia yang diekspor ke luar negeri lalu disana orang Indonesia sendiri yang membelinya terus dibawa lagi ke Indonesia. Katanya produk luar negeri, padahal aslinya barang Indonesia juga, hal ini membuktikan bahwa produk buatan negara kita dari segi kualitas masih lebih bagus dibanding negara lain..


Rasa cinta terhadap produk dalam negeri ini juga bisa membantu negara kita dalam menghadapi ACFTA (Asean China China Free Trade Agreement) yang sudah diberlakukan sejak Januari 2010 yang mana menurut sebagian orang merupakan kado pahit bagi negara kita. Dikatakan kado pahit sebab dengan adanya Kesepakatan Perdagangan Bebas ini bisa mengancam produk buatan dalam negeri, sebab bisa jadi produk kita kalah bersaing di pasaran dengan produk China yang terkenal dengan harganya yang murah. 

Oleh karena itu dengan membeli produk buatan dalam negeri kita bisa menjadikan produk-produk ini sebagai tuan rumah di negeri kita sendiri, lagi pula kalau dilihat dari segi kualitas sekali lagi k.u.a.l.i.t.a.s buatan Indonesia masih lebih di atas.

Cinta Rupiah
Masih ingatkan potongan lagu ini : aku cinta Rupiah biar dollar dimana-mana, aku suka Rupiah karena ku anak Indonesia. Jangan Mengaku-ngaku anda orang Indonesia kalau sampai saat ini anda belum menghargai Rupiah sebagai mata uang kita, seperti yang pernah saya posting DISINI.

Dari tindakan kecil seperti itu kita sudah bisa dibilang menghargai uang kita -rupiah-, nah kalau sudah bisa menghargai kita juga pasti akan sayang dan cinta sama Rupiah, cinta yang saya maksud disini bukan cinta uang "Mata Duitan" tapi lebih kepada bagaimana kita bisa lebih meninggikan rupiah dibanding mata uang lain walaupun kenyataannya nilai rupiah tidak begitu Oke.

Cinta Budaya Indoensia
Semua sudah tahu kan betapa kayanya bangsa kita akan Kebudayaan, bayangkan saja di Indonesia ada sekitar 230 suku -ini kata om wiki- yang mana dari 230 suku itu memiliki kebudayaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Saya sedikit heran dengan anak-anak muda jaman sekarang yang lebih membanggakan-banggakan budaya orang lain dibanding dengan budaya bangsa kita sendiri, arus globalisasi yang mengalir begitu kencangnya menyebabkan mereka tidak mampu lagi untuk menyaring kebudayaan-kebudayaan dari luar yang terkadang bertentangan dengan budaya asli Indonesia, dan yang lebih anehnya lagi banyak yang bilang kalau kebudayaan kita itu kuno dan tidak sesuai lagi dengan pergaulan anak jaman sekarang. 

Ada banyak cara yang sebenarnya dapat ditempuh untuk melestarikan kebudayaan bangsa kita. Misalnya saja, di kampus saya tercinta STKS Bandung setiap hari Jum'at mahasiswa dan seluruh penghuni kampus disarankan untuk menggunakan Batik, walaupun masih pada batasan "disarankan" tapi ini sudah menjadi salah satu cara yang baik untuk melestarikan batik kita, sehingga tidak terkesan kalau Batik itu hanya digunakan kalau ada kondangan, tetapi dapat digunakan kapan saja dan dimana saja.

Nah terakhir sebelum mengakhiri postingan kali ini saya mau Memarkirkan Award yang saya dapatkan dari Mbak Ria ini dia awardnya :



Saya ucapkan terima kasih kepada Mbak Ria atas awardnya ini, sekalian mau mengucapkan Mohon Maaf Yang Sebesar-Besarnya Karena Terlambat Memajang Awardnya.

Salam Hangat Putra Sawerigading

36 Komentar:

Rock mengatakan...

Aku cinta indonesia... Yeahhh... hahaha...

Darin mengatakan...

selalu dan selalu Pak! ^_^
We are Indonesian, so we love Indonesia!

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah...pantas ngga pernah kelihatan..he..he. Oh...ya " Cinta Indonesia " gimana ya !? saat melihat berita antrian orang2 yang membeli sandal buatan luar negri pada sebuah mall di Jakarta, rasanya kata cinta Indonesia itu patut dipertanyakan...

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Rock.., Aku Juga..

@ Darin.., Oke lah sobat..

@ Noor's blog.., iya saya juga prihatin melihatnya sob.., antriannya bahkan sampai berlantai-lantai.., sementara di lain pihak banyak pengrajin kita yang terpaksa gulung tikar karena kurangnya permintaan terhadap barang..,

fai_cong mengatakan...

owh... baru cuti tow kang?
baru tau ikz...
selamat atas awardnya.
mencintai negri sendiri sebagian dari iman.
aku cinta indonesia.
merdeka.
merdeka.
merdeka.

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ fai_cong.., he he gak cuti beneran sob.., cuman cuti nulis di blog aja.. soalnya sibuk sama tugas-tugas kuliah.., :D

Munir Ardi mengatakan...

ayo mari kita perkuat cinta kita buat indonesia

Bunglon Blog mengatakan...

ahah i love indonesia....
aku cinta produk indonesia...
sob ada sedikit kenang2an dari saya
semoga berkenan menerimanya
sukses slalu!

Rock mengatakan...

Kunjungan pagi kawand... Aku datang lagi...

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Munir Ardi.., Yo Ayo..

@ Bunglon Blog.., langsung ke TKP sobat..

@ Rock.., Pagi Juga..

Itik Bali mengatakan...

Cinta itu indah
cinta bisa diwujudkan dimana saja
termasuk cinta negara Indonesia
Indonesia I love you Full

Radhitya Notes mengatakan...

Saya cinta Indonesia... kata-kata itu tertanam di hati saya..
dan saya juga ingin berbuat sesuatu untuk Indonesia...

Rasa bangga datang saat saya bersama rekan-rekan Purna Paskibraka Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih di lapangan Walikota Mataram untuk memperingati Hari Kora Mataram 4 Tahun SIlam..

Dan saya ingin memberikan Hal yung lebih Dari itu lagi sebagai putra Bangsa Indonesia...

SAlam Hangat dari Blogger BAli

Izin Follow yaph...

aisyah muna mengatakan...

love indonesiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....^O^

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Itik Bali.., Love Indonesia too..

@ Radhitya Notes.., sama sob.. saya juga mau ngasih yang terbaik buat bangsa ini.. setelah apa yang telah diberikannya kepada saya..,

@ Aisyah muna.., Indonesia I Love You..,

septian angga mengatakan...

wah kayak lagun anak waktu jaman SD. . aku cinta rupiah, walo dolar dimana2 ,hehehe
great post mas :)

elistadyon mengatakan...

cinta Indonesia cinta rupiah hehehe mas ada award silahkan diambil

Munir Ardi mengatakan...

kita semua cinta Indonesia

anyin mengatakan...

aku juga cintaa Indonesia

narti mengatakan...

banyak koq barang dari Indonesia disini, dan aku lebih memilih barang itu, rasanya pas.

sda mengatakan...

benar sekali, cintailah produk sendiri, kalau bisa produk luar dibatasi.

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Septian Angga.., iya emang lagu yang itu.., :D

@ elistadyon.., oke sobat segera meluncur ke TKP

@ Munir Ardi & anyin.., iya percaya deh :D

@ narti & sda.., okelah sobat..

putra mengatakan...

Sama ! Saya juga barusan kembali dari cuti.
Selamat ngeblog kemabali !

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Putra.. yang semangat sobat..

Bunglon Blog mengatakan...

mampir sebentar sob ronda mlm nech keliling hehe..sementara aman!

attayaya mengatakan...

ya..
aku pun mencintai Indonesia
hidup INDONESIA RAYA!!!

Fais cWaKep mengatakan...

I LOVE Indonesia....

keboo mengatakan...

wah teruskan kampanye cinta bangsa sendiri bang!!! i love indonesia!!!

makasi udah ke kandang keboo yah..

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Bunglon Blog.., ikutan yah sobat..

@ Attayaya.., Hidup !!!

@ Fais Cwakep.., I Love Indonesia Too...

@ Keboo.., iya sama-sama.. *kandang kebo???*

Radhitya Notes mengatakan...

Kapan nerbitin artikel baru....,
saya tunggu lho....hihihihihi

grosir aksesoris wanita mengatakan...

ak gabung ya?^^

grosir mengatakan...

salam kenal

anak bangka mengatakan...

I love u full...wkwkwkwkwk
nice blog bro

Bunglon Blog mengatakan...

absen siang sob
masih seperti kemaren panas....hahaha
sukses slalu!

belajar bisnis internet mengatakan...

semangat yah....manteb banget artikelnya, bikin kita2 orang makin cinta dengan negeri ini....MERDEKA!!

pefriderianto91 mengatakan...

Indonedia ku jaya selalu,,,,,,,,,,,,,
Merdeka Indonesia ku..........?!!!!!

Email: pefriderianto91@yahoo.com

Fb:pefri derianto

financial investment services mengatakan...

aku juga cinta Indonesia

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.