Recent Posts

Minggu, 07 Maret 2010

HARGAILAH UANG KITA !!!



Bismillahirrahmanirrahim

Pernahkah anda melihat uang kita (Rupiah) yang dicoret-coret, penuh tambalan-tambalan tidak jelas disana-sini, atau yang paling sederhana uang Rupiah yang diremas-remas tidak jelas ??? saya rasa anda semua pasti pernah menyaksikan ini.., "KEJAHATAN" terhadap uang seperti ini biasanya kita temukan pada uang-uang dengan Nominal kecil seperti uang 1000 rupiah dan 5000 rupiah.., selain itu ada juga "KEJAHATAN" terhadap uang dengan Nominal yang besar seperti uang 100 ribu rupiah dan 50 ribu rupiah.., walaupun kejahatannya tidak "SEKASAR" uang dengan Nominal kecil tadi.., "misalnya dengan meng-hakter (di stapler) uang tersebut" hal-hal seperti ini tentunya sudah menunjukkan betapa kita tidak menghargai uang kita.

Coba anda bandingkan dengan uang-uang dari luar negeri terutama untuk uang Dollar Amerika.., apakah ada uang seperti itu yang beredar di pasaran.., jawabannya pasti tidak, sebab akan sulit rasanya menggunakan uang tersebut karena pasti tidak akan diteria.., tapi coba bandingkan dengan uang kita "RUPIAH" sekalipun telah dicoret-coret atau ditambal-tambal sekalipun kalau hanya untuk digunakan berbelanja di penjual sayur atau warung kelontong.., rasanya masih besar harapan uang tersebut untuk diterima.

Walaupun masih laku dan diterima oleh para penjual saya rasa perbuatan mencoret-coret uang atau meremas-remasnya bukanlah perbuatan yang baik dan patut untuk ditiru.., pertama uang itu bukan BUKU TULIS.., lalu kenapa harus dicoret-coret.., toh kalau mau menulis masih banyak media lain yang pastinya lebih bagus daripada sekedar menulis di lembaran Uang., kedua uang itu bukan spons loh yang harus diremas-remas biar menghasilkan busa (seperti iklan saja).., kalau memang anda hobby meremas-remas anda dapat menyalurkannya ke dalam kegiatan yang lebih bermanfaat misalnya (menjadi bintang iklan) membantu orang di rumah untuk memeras kelapa untuk dijadikan santan.,

Sebenarnya hal ini sesuatu yang mungkin menurut sebagian orang adalah hal yang sederhana.., atau bahkan tidak penting sama sekali.., tapi menurut saya justru hal ini sangatlah penting.., bagaimana tidak.., dengan TIDAK MENGHARGAI uang kita.., itu berarti kita tidak menghargai bangsa kita.., sebabnya uang yang beredar sekarang kebanyakan bergambar PAHLAWAN INDONESIA.., misalnya saja di Uang Rp. 1000 yang bergambar Kapitan Pattimura.., nah kalau kita mencoret-coret uang ini.., apalagi sampai mengenai gambarnya.., ini sama saja kalau kita tidak menghargai jasa pahlawan kita.., Bukankah "Bangsa Yang Besar adalah Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya"..,

Selain alasan menghargai jasa Pahlawan ini.., ada juga fakta yang mencengangkan yang saya dapatkan disini disitu dijelaskan kalau sekitar Rp5 miliar uang dimusnahkan Bank Indonesia Cabang Kediri karena rusak, termasuk karena penuh coretan, LUAR BIASA.., jumlah yang banyak bukan.., hanya karena ulah sebagian orang yang tidak bertanggung jawab uang sebesar itu terpaksa dimusnahkan karena dianggap sudah tidak layak untuk beredar.., dan yang patut teman-teman ketahui kalau biaya yang diperlukan untuk mencetak uang itu tidaklah sedikit.., dan sebagian dari kita malah "MELAKUKAN KEJAHATAN" terhadap uang-uang itu.

Padahal menurut yang saya baca.., orang-orang yang terbukti melakukan perusakan termasuk orang-orang yang mencoret-coret uang dapat dikenakan SANGSI.., jadi bagi anda yang pernah mencoret-coret uang., sebaiknya segeralah bertobat dan tidak melakukan hal ini lagi.., Hargailah Uang Kita.., sebab kalau bukan kita sendiri yang menghargainya siapa lagi yang akan menghargai uang kita.., toh itu uang kita sendiri..,

Mulai sekarang kalau teman-teman mendapati uang yang sudah rusak segera saja tukarkan di Bank dan beritahu siapa saja yang mau mendengarkan anda.., untuk menghargai uang kita dengan tidak lagi melakukan gerakan "Mencoret-Coret dan Meremas-Remas Uang".., satu hal lagi sebelum saya mengakhiri postingan ini "buat teman-teman yang sekarang punya uang di dompetnya dan uang tersebut kusut.., segera ambil uangnya dan setrika sampai mulus kembali"..,

Oh iya sekalian mengumumkan kalau saya dapat award yang sangat cantik dari dua sahabat terbaik saya.., awardnya kebetulan sama.., dari Mas Hendro (berita untuk negeri) dan dari bunglon blog.., ini dia awardnya :




Saya ucapkan terima kasih kepada kedua sobat saya yang baik hati ini.., karena sudah memberikan kepercayaannya kepada saya.., semoga award ini bisa menambah jalinan persahabatan kita..,

Salam Hangat Putra Sawerigading

38 Komentar:

Rock mengatakan...

Bener banget kawand... mari kita belajar dari dollar...

btw selamat untuk awardnya ya...

☼►100ABC blog◄☼ mengatakan...

Bagi yang suka mencoret coret uang, sebaiknya diajak ngeblog aja ya... lebih banyak manfaatnya.
Ups 5 milyar ya yang dimusnahkan, semoga kita semakin sadar untuk "memanusiakan" uang... hehehe.
Selamat juga atas awardnya

Tandjung Ringgit mengatakan...

argai uang walupun hanya Rp. 1000

angger mengatakan...

bener banget sob,kita harus menghargainya...
apa gak malu dengan negara lain,ditempat saya masih sering ada tuh sob

Riesta Emy Susanti mengatakan...

iyah,,,aku gak suka duit yang dicoret2..
aku maunya duit tuh rapi...
masuk dompet aja kutata dulu...
hehehehe

bintang mengatakan...

jiaahhahahha jadi inget pernah nulis no hape di duit seribuan xixiixiix

tapi beneran lho di LN jarang banget ketemu duit lecek.

makasih ya mau dateng ke bintang air. salam kenal..............

fai_cong mengatakan...

hihi...
strikanya lagi dipinjem tetangga mas,,,
selamat atas awardnya mas.

Noor's blog (inside of me ) mengatakan...

Wah..bener tuh ! kalo dolar..lecek sedikit aja ngga laku apalagi yang diselotif. Memang susah kalau sudah hobi meremas-remas...he..he

♥ria♥ mengatakan...

aku ga pernah koq corat-coret uang
paling cuma corat-coret blog aja hehehe

**ada award buat kamu dan ikutan yukz Berbagi kasih melalui T-shirt :)**

http://riaadria.blogspot.com/2010/03/berbagi-kasih-melalui-t-shirt.html

Darin mengatakan...

Saya juga turut prihatin. Sebegitu rendahnya kah kita menilai uang? Padahal kalau difikir, desainnya ga gampang lho, bahan kertasnya juga pilihan. Seyogyanya kita menjaga dan respect dgn uang, berapapun nominalnya.
Oya, ada juga lho yg menyarankan promosi blog offline lewat coretan di uang. Edan ngga tuh!

richo mengatakan...

wah tuh terlalu kreatip n udah kaya, dari pada di corat coret di kasih ke aku aj gpp heheh

Bunglon Blog mengatakan...

wah bener tu sob, kalo uang bisa ngomong pasti kita udah dilaporin tuch hehe...hargailah uang kita sendiri...
terimakasih sobat sudah menerima awardnya,
sukses slalu!

Nanang mengatakan...

Hanya orang Indonesia kali ya? Yang spt itu. Seakan udh jadi kebiasaan, enggak memperlakukan uang dgn baik.

☼►100ABC blog◄☼ mengatakan...

Tips menarik agar uang tetep licin, salah satu cara untuk menghargai uang.
Kalo perlu disetrika, uang akan jadi rata gak ada lecek

anyin mengatakan...

tengs.. membuat saya ingat untuk lebih menghargaii

Rock mengatakan...

Selamat pagi kawand...

aisyah muna mengatakan...

hiks..aku anak indonesia dengan ini mengaku bersalah..asli kesindir banget dengan artikel diatas..sederhana..tapi sering terjadi..termasuk saya..kemaren dengan tanpa berdosanya saya mencampur uang 1000an dan 2000an ku ke dalam kotak sabun karena buru-buru..alhasil tuh uang jadi lecek...
hiks..
ampuuuuuuuuuunnn..ga lagi-lagi...

fanny mengatakan...

tul, uang kok dicoret2. mending kertas sobekan kalender aja dicoret.

fanny dan fanda mengatakan...

mampir sbg wakil f2. lam kenal

berita untuk negri mengatakan...

pa kabar sobat,,maaf baru mampir,kalau uang dari sekarang saya harus menabung nih,itu mungkin cara saya menghargai uang,,

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

kita memang harus menghargai uang...sebab uang sudah dicari sob..terkadang ada orang yang mnjual diri hanya karena uang..

Bayu Lebond mengatakan...

sumpah bung...gw cinta banget ama uang...ampe nyarinya setengah mampus...so...sayang kalo dilecek-lecek nyarinyakan susah

Bayu Lebond mengatakan...

sumpah bung...gw cinta banget ama uang...ampe nyarinya setengah mampus...so...sayang kalo dilecek-lecek nyarinyakan susah

richo mengatakan...

muncul kembali..... ayo jangan rusak uang karena susah nyarinya.....

Ambae.exe mengatakan...

eman..patut dihargai
mendapatkannya amatlah sulit
tp membelanjakannya semudah membalikkan telapak tangan

Bonthain mengatakan...

banyak orang yg terlalu bangga dgn kepemilikan duit di tangannya...seenaknya pd apa yg dikatakan duit...sementara tdk kurang ula yang lebih membutuhkan duit itu untuk keperluan yg mendesak...kenapa tidak membagikannya kpd yg lebih butuh

rumah blogger mengatakan...

saya pernah nemu orang yang duduk sambil nginjak duit dikakinya, saya hanya bisa mengusap dada...

sabirinnet mengatakan...

kalau saya cara menghargai uang kertas nominal kecil seperti ribuan dengan menyusun serapi mungkin, kemudian menaruhnya ditempat khusus.

megi mengatakan...

"hargailah uang kita"
kalau gak punya, gimana gan ??? :p :D

Willyo Alsyah P. Isman mengatakan...

Aku datang membawa lagu ciptaan ku...semoga kawan senang..mohon komentar nya ya..

septian angga mengatakan...

setuju, uang memang bukan segalanya, tapi uang dapat membuat banyak hal menjadi lebih baik :)

moenas mengatakan...

itulah sekarang orang2 indo,
mulai pada belagu2 bener

ducky mengatakan...

waa bener sob...
kasian juga klo mo bayar ongkos, kenek aja dirapih2in, kita ngasih yg dilipet2 alias kumel,,,

salam kenal..

Bahauddin Amyasi mengatakan...

Jadi ingat tentang uang karatan yang sudah tidak laku untuk digunakan. Disumbangkan ke mesjid malah gk direken. Waduh......


Salam kenal dulu ya...

richo mengatakan...

apa kabar kawan???

احمد ذولقرنين mengatakan...

bner sekali pndapat antum semua...ana setuju...

tpi yg jdi masalah... pa bisa negara kita ini menerapkannya???? jngan kan itu "buang sampah pada tempatnya" ja ssah sekali di terapkan di Indonesia ini... bgaimna bsa Indonesia mnghargai UANG!!

Coretan Qu mengatakan...

memang kurang kerjaan tu..
mungkin biar terkenal kali soabat
kayak beriklan gitu

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ richo.., baik-baik aja sob.. sobat gimana ??

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.