Recent Posts

Jumat, 16 April 2010

INIKAH MAHASISWA ???



Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillah akhirnya bisa buat postingan lagi, setelah postingan yang terakhir sejak 2 minggu yang lalu, banyak hal yang menyebabkan kenapa postingan saya bisa "jarang-jarang" selain karena faktor kesibukan kuliah, juga karena kurangnya ide dalam membuat postingan terbaru.., sebelum memasuki inti postingan kali ini saya ingin mengucapkan SELAMAT HARI JADI bagi blog saya Putra Sawerigading.., ternyata tidak terasa blog yang sudah saya rawat dengan sepenuh hati ini sudah menginjakkan usia 1 tahun.., saya hampir tidak sadar kalau usia blog ini sudah setahun soalnya kalau melihat dari postingan pertama blog ini yang waktu itu bulan Agustus, tapi saya baru ingat kalau ternyata blog ini sudah saya buat sejak April 2009, walaupun pada saat itu belum terlalu aktif buat ngeblog.., saya baru sadar ketika melihat Profil saya sendiri "betapa pikunnya diriku".., ternyata blog ini sudah berusia setahun.., YANG KEDUA saya mau mengucapkan selamat HARI JADI juga buat Adik Saya Fitriani Jamaluddin yang pada hari ini genap berusia 18 tahun.., maaf saya tidak bisa kasih hadiah apa-apa.., saya hanya bisa mendoa'kan semoga bisa LULUS UAN dan masuk ke Perguruan Tinggi yang kamu cita-citakan.., AMIN..,

Berbicara mengenai Perguruan Tinggi kita pasti langsung mengingat kata Mahasiswa.., yaitu orang-orang yang belajar di perguruan tinggi, terus mengapa mereka dinamakan Mahasiswa ??? menurut dosen saya mereka yang berkuliah di perguruan tinggi itu dianggap "bernilai" lebih dibanding dengan siswa-siswa yang ada di SMP ataupun SMA yang hanya disapa dengan kata Siswa, tanpa kata MAHA yang berarti besar, besar disini bukanlah dalam hal bentuk akan tetapi lebih kepada Pemikiran dari mereka-mereka yang duduk di perguruan tinggi yang dianggap lebih daripada Siswa di SMP dan SMA, mereka (termasuk saya.. he he) dianggap sekali lagi DIANGGAP memiliki kemampuan yang lebih dari segi berpikir, kemauan, dan tentunya kemampuannya, oleh karena itu kita sering mendengar istilah Mahasiswa sebagai Agent Of Change.

Bagaimana teman-teman, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah Agent Of Change ini, istilah ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita, khususnya bagi kalangan mahasiswa, dan memang istilah ini merupakan istilah yang sudah melekat dan tertanam dengan begitu kerasnya pada diri setiap mahasiswa, Agent Of Change atau jika diartikan kata per kata dalam bahasa Indonesia berarti Agen Perubahan dalam istilah Pekerjaan Sosial merupakan sekelompok orang atau orang-orang yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengubah suatu keadaan yang dianggap bermasalah menjadi keadaan yang lebih baik.

Sebenarnya sungguh "mulia" kedudukan mahasiswa ini dimata masyarakat, mahasiswa dianggap mampu untuk memimpin perubahan dengan pemikiran dan kemampuan yang dimilikinya, mahasiswa dianggap mampu untuk membawa perubahan di dalam masyarakat, perubahan yang menuju ke arah yang lebih baik, yang merupakan keinginan dari setiap masyarakat Indonesia, kita tentu masih ingat peristiwa di bulan Mei 1998 dimana pada saat itu Mahasiswa seluruh Indonesia bersatu untuk melakukan perlawanan terhadap rezim Orde Baru yang telah berkuasa selama 32 tahun, karena dianggap gagal membawa Indonesia ke arah yang lebih baik, pada peristiwa itu kita semua dapat melihat peran mahasiswa sangat sentral (walupun saat itu saya masih kelas dua SD, tapi ceritanya masih terngiang-ngiang sampai sekarang).., perjuangan akhirnya berhasil dan membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan bernegara di Indonesia, terutama dalam hal Hak Menyampaikan Pendapat, untuk hal ini kita tentunya sepakat untuk mengangkat jempol kita untuk agen-agen perubahan kita.

Tapi sekarang kurang lebih 12 tahun setelah peristiwa yang menurut saya "membanggakan" itu, apa yang terjadi dengan Mahasiswa ?? masihkah kita (saya dan mungkin anda) rekan-rekan mahasiswa dapat dikatakan sebagai Agent Of Change, sepertinya di masyarakat sudah muncul tanda tanya besar ? bagaimana tidak apa yang sekarang terjadi dalam "kehidupan" mahasiswa lebih banyak fenomena-fenomena negatif yang timbul ke permukaan ketimbang mengenai prestasi yang bisa diukir oleh mahasiswa kita (termasuk saya), sekarang tugas kita sebagai mahasiswa untuk menjawab keraguan masyarakat ini dan buktikan bahwa mahasiswa The Real Agent Of Change.

Bisa jadi apa yang dilakukan oleh mahasiswa sekarang ini karena adanya rasa kesenangan yang berlebihan atau yang biasa disebut Euphoria akibat adanya era reformasi ini, era reformasi yang pada awalnya diharapkan mampu membawa kita ke arah yang lebih baik, malah "diungkapkan" dengan cara yang berlebihan oleh sebagian rekan-rekan mahasiswa, hal inilah yang kemudian disebut sebagai Demokrasi yang kebablasan, hal ini dapat kita lihat dari berbagai aksi demonstrasi yang dilakukan oleh beberapa teman kita di daerah yang SANGAT TIDAK MENCERMINKAN apa yang selama ini diharapkan dan dibebankan di pundak mahasiswa, tidak sedikit dari aksi demonstrasi yang dilakukan berakhir anarkis. Beginikah gambaran mahasiswa Indonesia :

Tentu saja bukan "jenis" mahasiswa seperti ini yang diharapkan oleh masyarakat Indonesia, bukan mahasiswa yang anarkis yang tahunya hanya BATU dan KAYU, banyak hal yang menyebabkan hal ini terjadi, dan menurut saya yang paling urgent untuk diperbaiki adalah mental dari mahasiswa itu sendiri, mental yang tidak bisa menerima kekalahan, mental yang tahunya hanya menang sendiri, mental yang tidak mau menerima pendapat orang lain. Seperti yang sering kita lihat dan mungkin sudah menjadi sesuatu yang dianggap "lumrah" oleh mahasiswa, begitu ada kebijakan yang tidak disukai KUMPULKAN MASSA, Lakukan demonstrasi, begitu dikasih penjelasan TIDAK TERIMA batu dan kayu pun jadi senjata perusak handal.., Inikah Mahasiswa ??? bahkan tidak jarang bentrokan yang terjadi malah antar mahasiswa itu sendiri dan tidak sedikit yang terjadi hanya karena masalah sepele "DEMI HARGA DIRI" Katanya.., Inikah Mahasiswa ??? dan masih ada segudang pertanyaan di masyrakat kita yang intinya bertanya Beginikah Mahasiswa

Terlepas dari bahwa sekarang kita sudah berada di era demokrasi dimana setiap orang berhak untuk menyampaikan pendapatnya baik itu secara tulisan maupun lisan, TAPI INGAT bahwa dalam menyampaikan pendapat kita juga harus sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku, tidak asal bicara, tidak asal demo, dan tidak asal-tidak asal lainnya.., silahkan menyampaikan pendapat asalkan sesuai dengan koridor yang telah ditetapkan, mari kita bersama-sama mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap mahasiswa sebagai Agent of Change yang sebenarnya, yang benar-benar membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi masyarakat.., HIDUP MAHASISWA !!!

Salam Hangat Putra Sawerigading

22 Komentar:

bocahbancar mengatakan...

Waaahhh,,saya telaaaatttt,,, Selamat hari jadi ya Untuk Blognya Awal... Semoga tambaaah yahuuddd :)

Salam semangat selalu kawan

Rock mengatakan...

Selamat ulang tahun yang pertama buat Putra Sawerigading...
Sukses selalu ya...

Darin mengatakan...

selamat sob sudah setaun ngeblog :)
untuk artikel, yah beginilah potret mahasiswa zaman sekarang. entah benar entah tidak, tapi kenyataannya bila dilihat di media ya seperti ini. agen of change...apa akan menjadi perubahan yang semakin buruk?
only God knows...

sabirinnet mengatakan...

untungnya mahasiswa dengan jiwa intelektualnya hanya memakai batu dan kayu..hidup mahasiswa Indonesia..!!!

rumah blogger mengatakan...

peran mahasiswa sangat besar dalam pembangunan bangsa dan negara ini. apapun latar belakang mahasiswa mereka adalah salah satu pejuang reformasi untuk bangsa ini..terus berjuang kawan..

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Joko.., oke sob.. terengkyu..,
@ Rock.., Terengkyu juga sobat..
@ Darin.., benar sobat hanya tuhan yang tahu..

@ sabirinet.., Hidup juga mas.. tapi masa mahasiswa pakai batu dan kayu ??? emang setuju gitu ??

@ rumah blogger.., ao berjuang bersama-sama

willyo Alsyah mengatakan...

sangat setuju dengan tulisan ini...jadilah mahasiswa telada, harapan masyarakat

Muhni mengatakan...

wah2 selamt tawwa blognya...

adiknya juga selamat, salamku nah...Jhahahah

mmm... mahasiswa itu memang seharusnya jadi agent of change, tapi mendukungkah situasi sekarang sekarang dengan tugas mahasiswa sekarang? terlepas dari banyaknya mahasiswa yang berbuat onar...
(situasi disini maksudku, sistem yang dianut oleh Indonesia)

Bunglon Blog mengatakan...

ahah pertama selamat hari jadi buat blog nya sob emoga semakin sukses ya...
hmmm menjadi seorang mahasiswa memang seharusnya bisa sebagai penyampai dan pejuang bagi aspirasi, namun sekarang ini sulit dibedakan, terkadang nama mahasiswa justru hanya untuk dimanfaatkan...apapun adanya tetaplah mahasiswa yang selalu berani bersuara lantang. HIDUP MAHASISWA!!!

Bayu Lebond mengatakan...

wah udah ultah yg pertama ya bung...pas lucu-lucunya tuh umur setahun...wkwkwkkw...selamet ulang tahun yo bung...btw...jaman gw kuliah gak ada tuh yg mahasisya yg modelnya gituh...wkwkwkw

kang tejo mengatakan...

selamat atas ultah blognya yg pertama , dan ultah adiknya moga lulus uan n ketrima di ptn yg diinginkan..
semoga kedepan mahasiswa tdk anrkis lagi..
tp klo g anrkis kayaknya bukan mahasiswa namanya heheh

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Mas Willyo.., Amin..
@ Muhni.., yah walaupun sistem kita masih setengah-setengah kita kan tidak perlu larut dalam sistem yang "setengah-setengah" ini.., justru itu yang harus kita rubah.., bagaimana kah ??? tapi kalau mahasiswa sekarang masih seperti ini bagaimana mau Merubah justru dia yang perlu DIRUBAH.., *termasuk saya pastinya*

@ bunglon blog.., oke sobat terima kasih.. orang-orang yang seperti itu juga yang perlu diwaspadai rekan-rekan mahasiswa.. Hidup Mahasiswa !!!

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Bayu Lebond.., jadi Bayu pas kuliah modelnya kayak gimana ??

@ Kang Tejo.., nah itu sekarang anggapan yang muncul di masyarakat.., "kalau tidak anarkis bukan mahasiswa namanya".., itu yang perlu dirubah.., mahasiswa boleh Kritis tapi jangan sampai Anarkis.. he he

alkatro mengatakan...

selamat ulang tahun sobat, sama dengan blog ane ; cuma bulan april daftar doang; niat postingnya baru september he he

aisyah muna mengatakan...

we are the agent..
kitalah tonggak perubahan bangsa ini...

semangat! hayuk bergerak ! dan tunjukkan yang terbaik..
tunjukkan bahwa kita memang baik..

^___^

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ alkatro.., he he.. sama yah :D

@ aisyah muna.., Hidup Mahasiswa !!!

penghuni60 mengatakan...

selamat deh bwt blognya.
aku baru berkunjung pertama nih, slm knl...
smoga sukses...

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Penghuni 60, terima kasih ucapannya.. Salam kenal juga., jangan bosan2 yah dtg kesini.. :D

Tandjung Ringgit mengatakan...

dulu orang berkelahi dibilang tukang becak. sekarang tukang becak berkelahi diilangi kayak mahasiswa saja berkelahi tyuzzz

willyo Alsyah mengatakan...

susah sekali alamat yg sobat kasi itu..saya uda registrasi hampir 1 minggu...tapi saya ga bisa longin... tulisan nya cek email..tapi dari admin alamat itu, ga' pernah memberikan berita apapun di email aku...ya tetap aja ga' bisa longin...maksud saya itu..longin ke dalam trus aploud lagu ku disitu .. trus di pasang deh di blog...bisa apa ga' sih dia ..

Pak Liek mengatakan...

selamat hari jadi yang ke-1 buat blog putra sawerigading ... semoga tetap eksis terus ... .

amiboyz mengatakan...

ayo mahasiswa Indonesia berkarya

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.