Recent Posts

Minggu, 28 November 2010

COMMUNITY ACTION PLAN, STKS BANDUNG 2010

lambang CAP 2010


Bismillahirrahmanirrahim

Akhirnya kegiatan CAP (Community Action Plan) telah selesai, selama 3 hari 2 malam di desa bekerja bersama masyarakat telah berakhir, 3 hari yang menegangkan sekaligus menyenangkan, walaupun sangat singkat namun membekas di hati.

Pada postingan kali ini saya akan bercerita mengenai kegiatan yang baru saja diselenggarakan oleh jurusan saya (Pengembangan Sosial Masyarakat) STKS Bandung yang dilaksanakan di Desa Sudajaya Girang kecamatan Sukabumi kabupaten Sukabumi, kegiatan yang diberi nama CAP ini dilaksanakan selama 3 hari 2 malam dari tanggal 25-27 November 2010. Secara singkat kegiatan ini adalah kegiatan yang bertujuan agar mahasiswa mampu untuk menerapkan teori-teori mengenai praktek pekerjaan sosial secara langsung di masyarakat.

Dalam kegiatan ini mahasiswa dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5-7 orang, kemudian setiap kelompok ditempatkan di setiap RW yang ada di desa Sudajaya Girang ini, untuk kelompok saya sendiri terdiri atas 7 orang yaitu : saya sendiri (Awaluddin Jamal), Suriyanto Lopang, Oggy Oktora Amarta, Yudhistira Firmansyah, Mukti, Hasniah, dan Yudha Berlianto, dan kelompok kami ditempatkan di RT 23 RW 07 dengan pendamping lokal Bapak Pandi yang juga merupakan ketua RT 23.

Dalam kegiatan CAP ini ada 3 kegiatan utama yang paling penting yang pertama MPA, yaitu kegiatan mengidentifikasi permasalahan sosial yang ada di masyarakat bersama dengan masyarakat, yang kedua TOP, yaitu kegiatan merancang program untuk penanganan masalah sosial yang telah teridentifikasi bersama masyarakat, dan kegiatan terakhir Action, yaitu kegiatan untuk mengimplementasikan program yang telah dirancang pada saat penerapan TOP bersama masyarakat, Pada intinya semua kegiatan dilakukan bersama masyarakat.

Dan Alhamdulillah semua kegiatan berjalan lancar, sampai akhirnya CAP kali ini dijuluki sebagai "CAP Ceria" karena mungkin banyak senang-senangnya bahkan ada yang beranggapan kali ini CAP yang diadakan layaknya seperti liburan singkat saja. Tapi apapun itu saya merasa kegiatan ini sangat baik terutama bagi saya sendiri yang belum punya pengalaman untuk berhadapan langsung dengan warga sehingga kelak ketika melaksanakan praktikum (1,2 ataupun 3) sudah tidak terlalu canggung.

Secara singkat saya akan menceritakan kegiatan saya di sana sejak hari pertama sampai hari terakhir di desa.

Hari Pertama, Kamis 25 November 2010, setelah diterima di kantor desa oleh aparat kecamatan dan aparat desa kami langsung di distribusikan ke Posko masing-masing, setelah itu kami langsung melaksanakan yang disebut dengan Transectwalk yaitu kegiatan berkeliling wilayah untuk melihat secara langsung kondisi yang ada di RT 23 ini, mejeng dulu bersama pak RT.


transectwalk

Dari Kiri ke Kanan : Nia, Yudhis, Yudha, Oggy, Mukti dan Pak RT


Setelah itu pada malam harinya dari pukul 20.00 sampai pukul 22.00 kami melakukan Community Meeting dengan warga untuk melaksanakan kegiatan MPA dan TOP, untuk foto-fotonya belum saya ambil dari kamera teman saya, *jadi belum bisa di pajang.. he he..* setelah itu kami mempersiapkan tubuh untuk kegiatan besok hari -Tidur-.

Hari Kedua, Jum'at 26 November 2010, Melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan semalam bersama warga, yaitu kegiatan kerja bakti yang meliputi : pengerukan saluran air (selokan dan irigasi), membersihkan MCK, membersihkan rumput di pinggir jalan protokol serta pembuatan tong sampah Organik dan Non-Organik. Sambil istirahat foto bareng sama pak RT lagi *ha ha ha*





Dari Kiri ke Kanan : Pak RT, Saya, Lopang, Oggy, dan Yudhis


Akhirnya kegiatan kerja bakti selesai sekitar pukul 10.00, berhubung ini hari Jum'at maka kami pun bersiap-siap untuk melaksanakan shalat Jum'at, dan baru setelah shalat Jum'at kegiatan kami lanjutkan dengan pembuatan tong sampah.

Malam harinya sebenarnya ada acara Ramah Tamah dengan warga desa, akan tetapi karena pos kami jaraknya cukup jauh dari balai desa ditambah lagi tidak ada kendaraan yang bisa digunakan kami pun tidak berangkat ke sana, dan jadilah acara malas-malasan kami di posko malam itu.

Hari Ketiga, Sabtu 27 November 2010, hari terakhir di desa, tidak banyak yang dilakukan karena pada pukul 08.00 kami diharapkan hadir di balai desa untuk mengikuti acara lokakarya, *walaupun kami tiba agak telat* karena sebelumnya harus pamit ke tempat pak RW dan beberapa warga desa. Akhirnya sekitar pukul 11.00 kami meninggalkan desa Sudajaya Girang dengan keadaan sehat walaupun agak sedikit letih namun tidak mengurangi keriangan kami semua.

Salam Hangat Putra Sawerigading

13 Komentar:

Gaphe mengatakan...

weits, kayaknya super sibuk nih. Tapi sibuk buat sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat gitu oke-oke aja pastinya.

Qefy mengatakan...

Btul-betul..., sibuk sana sibuk sini, hehe. Saya suka tulisannya, mengalir :D

sibutiz mengatakan...

keren gan tulisanya...
saya suka ini tulisan....

hppy blogging...

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Gaphe.., siiip dah..

@ Qefy.., mengalir kayak air atau kayak lumpur nih.. ha ha ha

@ sibutiz.., saya juga suka tulisannya..

Admin mengatakan...

Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
I would like to share good news also. Here you:

English Teachers Urgently Required !!!

A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
ii. Proficient in English both spoken & written
iii. Friendly, Communicative, & Creative
iv. Available for being placed in one of the following branches:

a. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
b. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
c. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
d. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
e. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
f. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
g. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

kisah abu nawas mengatakan...

alhamdulillah jika berjalan dengan lancar sob

tomo mengatakan...

berkunjung
makasih kawan sudah dishare..
wah perjalanannya sudah kelar hepinya ya

uswah islam mengatakan...

wah Alhamdulillah telah kelar sob

hikmah teladan mengatakan...

ikutan baca2 sob ya
artikelnya menarik

Ayub Adiputra mengatakan...

wakakka...asyik banget ya Mas, bisa mengisi hari-hari dengan kegiatan yang penuh sosialisme seperti itu. walaupun capek tapi tetap saja ada hal yang berkesan di dalamnya. selain tambah pengalaman juga tambah ilmu. mungkin ada beberapa hal baru yang telah ditemukan di sana. mantap! dan kapan-kapan bisa dishare tuh...hehe...

Awaluddin Jamal mengatakan...

@ Ayub Adiputra.. iya nih sob.. senang rasanya bisa menjalani kegiatan seperti ini.. he he

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

asik bgt ya klo kuliah ada kegiatan positig gtu
dulu ak kuliah gak pernah ada kegiatan ke desa hehe :p

4n32 / farizy4n mengatakan...

intinya beruasaha.

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda jika berkenan, apapun komentar anda pahit, asam, asin, pedas apalagi kalau yang manis akan saya terima dengan lapang dada.

KALAU MENINGGALKAN KOMENTAR, HENDAKNYA MENINGGALKAN JEJAK ANDA

Jejaknya bisa URL web atau blog, ataukah alamat e-mailnya, sehingga jika ada pertanyaan bisa dibalas ke tempat yang jelas.